e

Saturday, August 18, 2012

Umat Islam Indonesia Bisa Rayakan Idul Fitri Bersamaan


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Haji Ahmad Syafi'ie, pimpinan Yayasan Al-Husiniyah meyakini, Umat Islam di Indonesia sebagian besar akan merayakan Idul Fitri bersamaan.
Ditemui Tribun di Kantor Yayasan Al Husiniyah, Jalan Tipar Cakung, Jakarta Timur, Ahmad mengatakan penghitungan datangnya 1 Syawal sudah ia lakukan dari jauh-jauh hari, dan didapati Bulan Syawal akan tiba pada 19 Agustus 2012.
Ahmad juga telah melakukan Rukyah, yakni penghitungan datangnya Bulan Syawal dengan teori tertentu sejak jauh hari. Menurutnya, Bulan Syawal akan datang pada 19 Agustus, seperti yang tertera di kalender.
Tahun lalu, Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama untuk memutuskan Bulan Syawal, sempat diwarnai perdebatan oleh sejumlah organisasi Islam. Banyak organisasi Islam tidak sependapat dengan pemerintah mengenai datangnya Bulan Syawal.
Tahun ini, papar Ahmad, sejumlah organisasi Islam di Indonesia mengawali Ramadan pada hari yang berbeda. Sebagian ada yang memulainya sejak 20 Agustus sesuai anjuran pemerintah, dan sebagian lagi sejak 19 Agustus. Namun, sesuai ajaran Islam, Ramadan bisa berlangsung antara 29-30 hari. Sehingga, Ahmad yakin tahun ini sangat mungkin seluruh Umat Islam merayakan Idul Fitri di hari yang sama.
"Bisa jadi yang berpuasa sejak 19 Agustus berpuasa selama 30 hari, dan yang mulai 20 Agustus berpuasa 29 hari, itu sah-sah saja," ujarnya, Jumat (17/8/2012).
Namun, untuk memastikan hal itu, hilal harus terlihat pada hari ini, Sabtu (18/8/2012), sesaat setelah matahari tenggelam. Jika terlihat, maka dapat dipastikan bulan baru telah datang, yakni Bulan Syawal.

0 comments: